Get Adobe Flash player
User Rating:  / 1
PoorBest 

Pada tanggal 17 April 2014 bertempat di Auditorium BPK RI Pusat di Jakarta Bupati Pamekasan beserta Gubernur Jawa Timur, Direktur Bank Jatim dan seluruh Kepala Daerah di Jawa Timur menandatangani MOU akses online transaksi kas Pemerintah Kabupaten/Kota se Jawa Timur dengan BPK RI.

Ketua BPK RI, Hadi Poernomo saat menyampaikan sambutannya setelah menyaksikan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Akses Data Transaksi Rekening Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur secara online pada PT Bank Jawa Timur, memaparkan bahwa penandatanganan kesepakatan bersama tersebut dimaksudkan agar BPK RI dapat mengakses secara online seluruh transaksi kas pemda yang ada pada PT Bank Jawa Timur yang merupakan suatu implementasi e-audit BPK RI pada pemda dalam rangka pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan daerah yang efisien dan transparan. Dan melalui kesepakatan bersama ini akan tercipta e-audit financial tracking yang akan memberikan manfaat bagi pemda serta PT Bank Jawa Timur di wilayah tersebut. Akses data transaksi rekening secara online akan mencegah terjadinya penyimpangan pengelolaan kas pemda. Pencegahan tersebut merupakan wujud kesepakatan bersama antara BPK RI dengan Pemda Jawa Timur PT Bank Jawa Timur agar pengelolaan keuangan pemda lebih transparan.

Penandatanganan kesepakatan bersama tentang akses data transaksi rekening pemerintah kabupaten/kota se-Jawa Timur pada PT Bank Jawa Timur secara online. Dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur, Muzakkir, Direktur Utama PT Bank Jawa Timur, Hadi Sukrianto, disaksikan oleh Ketua BPK, Hadi Poernomo, Wakil Ketua BPK RI, Hasan Bisri, Auditor Utama KN V, Bambang Pamungkas, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, serta Ketua Asbanda (Asosiasi Bank Daerah), Eko Budiwiyono.