Get Adobe Flash player
Jumat, 24 Januari 2020
2:33:42am

Sambutan Kepala BKD

Drs. TAUFIKURRACHMAN, M.Si
NIP. 19680630 199303 1 005

User Rating:  / 1
PoorBest 

 

 Untuk kesekian kalinya para pengelola keuangan daerah seluruh SKPD di Kabupaten Pamekasan dimantapkan aspek kompetensinya. Para pengelola keuangan tersebut diantaranya dari unsur SKPD Tim Anggaran Kab. Pamekasan, bendahara penerimaan, pejabat pengelola DAK, pejabat pengelola WISMP, pejabat yang mengelola dana hibah, pejabat pengelola DBHC dan pejabat pengelola dana desa.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Direktorat Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Pamekasan di dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi para pejabat pengelola keuangan di Kabupaten Pamekasan

Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa tanggal 20 September 2016 bertempat di Ruang Wahana Bina Praja lantai II Sekretariat Daerah Kab. Pamekasan dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Ibu Dra. Yudistinah, MM dan para nara sumber dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Direktorat Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah diantaranya Agus Solihin, SE dan Ir. Imam Mukhlis Affandi, MM.

Didalam sambutan awal Ibu Asisten Administrasi Umum menyampaikan ucapan terima kasih atas atensi yang diberikan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Pamekasan di dalam upayanya untuk meningkatkan kompetensi para pengelola keuangan di masing-masing SKPD. “Dengan kegiatan bimtek ini mudah-mudahan dapat memacu semangat dan kinerja teman-teman SKPD di dalam mengelola keuangan sesuai dengan peruntukannya. “ ujarnya.

Beliau juga berpesan agar para peserta bimtek betul-betul memanfaatkan kegiatan bimtek ini untuk serap informasi berikut kendala-kendala yang terjadi selama menangani keuangan di masing-masing SKPD-nya, baik dari sisi mekanisme pengelolaan maupun dari sisi kelengkatapan pertanggungjawabannya.

Pada sesi pertama, nara sumber Agus Solihin menyampaikan materi terkait dengan Administrasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Adapun materi yang disampaikan meliputi : dasar hukum pungutan daerah, jenis pajak daerah, retribusi daerah, siklus pengelolaan PBB-P2, tren realisasi pendapatan, optimalisasi pungutan pajak daerah dan retribusi daerah, serta strategi optimalisasi PAD.

Sementara pada sesi kedua, nara sumber Ir. Imam Mukhlis Affandi, MM menyampaikan materi terkait dengan Kebijakan Transfer ke Daerah. Dana Desa dan Hibah Daerah. Adapun materi yang disampaikan meliputi : dasar hukum transfer ke daerah dan dana desa, postur transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2015 dan tahun anggaran 2016, proyeksi postur transfer ke daerah tahun anggaran 2017, Kebijakan Dana Transfer Umum (DTU) Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum tahun anggaran 2016 serta Kebijakan DBH tahun anggaran 2017, kebijakan DAU tahun anggaran 2017, Dana Transfer Khusus, prinsip-prinsip pengalokasian DAK berbasis usulan daerah (proposal base), kebijakan DAK fisik dan non fisik tahun anggaran 2017, Dana Insentif Daerah yang merupakan reward bagi pemerintah daerah terkait dengan kesehatan fiscal (opini kewajaran) dan penilaian kinerja, Dana Desa berikut mekanisme penyaluran dana desa, hibah ke daerah, mekanisme pemberian/penerusan hibah daerah, penganggaran hibah daerah baik yang dianggarkan dalam APBN sebagai Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara sesuai ketentuan perundang-undangan maupun yang dianggarkan di daerah yaitu penerimaan hibah oleh pemerintah daerah dianggarkan dalam Lain-Lain Pendapatan  Daerah Yang Sah sebagai jenis pendapatan hibah, alokasi dana hibah air minum dan sanitasi APBN tahun anggaran 2016.

Setelah dilakukan sesi tanya jawab dari para peserta, akhirnya kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Pamekasan Tahun 2016 diperoleh pointer-pointer penting yang salah satu diantaranya :

1.     Bahwa penggunaan Dana Insentif Daerah tergantung pemerintah daerah, apakah akan dipergunakan untuk fisik infrastruktur atau non fisik infrastruktur.

2.     Bahwa pemotongan DAK telah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Keuangan RI nomor SE-10/MK.07/2016 tanggal 08 April 2016 yang dikarenakan target penerimaan yang dialokasikan oleh pemerintah terlalu tinggi sedangkan kondisi perekonomian kurang memungkinkan.

3.     Bahwa penyaluran DAK tahun anggaran 2016 sudah mengarah pada efisiensi, sehingga pemerintah membuat kebijakan agar dana di kas daerah jangan sampai menumpuk sehingga penyalurannya disesuaikan dengan penggunaannya.

4.     Sedangkan dana hibah untuk PDAM setiap pengajuannya harus melampirkan PERDA dan DPA tahun anggaran yang berlaku serta telah diverifikasi.

 

KEGIATAN BPKA

DONOR DARAH BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN PAMEKASAN | Rabu, 14 Februari 2018 | by Admin
Senin, 26 September 2016 | by Admin
KEMENTERIAAN KEUANGAN RI GELAR BIMTEK KEUANGAN DAERAH
Kamis, 15 September 2016 | by Admin
SOSIALISASI DAN PELATIHAN TEKNIS SISTEM KEUANGAN DAERAH PENATAUSAHAAN ANGGARAN SKPD
Rabu, 14 September 2016 | by Admin
MERAIH PAHALA DENGAN BERBAGI KEBAHAGIAAN
Senin, 22 Agustus 2016 | by Admin
SOSIALISASI APBD TAHUN ANGGARAN 2017
Senin, 6 Juni 2016 | by Admin
SOSIALISASI P-APBD TAHUN ANGGARAN 2016
Senin, 21 September 2015 | by Admin
SOSIALISASI APBD TAHUN ANGGARAN 2016

Kamis, 13 Agustus 2015 | by Admin
SOSIALISASI PENYUSUNAN RKA PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2015

SOSIALISASI PENYUSUNAN RKA PERUBAHAN APBD TAHUN ANGGARAN 2014
Selasa, 17 Juni 2014 | by Redy
Pada Hari Rabu tanggal 11 Juni 2014, Bidang Anggaran BPKA Kabupaten Pamekasan menggelar acara Sosialisasi Penyusunan RKA Perubahan APBD Tahun Anggaran 2014 bertempat di Aula Hotel New Ramayana, Pamekasan Jawa Timur.

Selasa, 15 April 2014 | by Redy
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH BERBASIS AKRUAL TAHUN 2014

Rabu, 22 Januari 2014 | by Redy
SOSIALISASI PAJAK BAGI BENDAHARA PENGELUARAN SKPD DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KAB. PAMEKASAN

Kamis, 15 Januari 2014 | by Redy
PENGALIHAN PENGELOLAAN PBB PEDESAAN DAN PERKOTAAN DI KABUPATEN PAMEKASAN

Selasa, 12 Desember 2013 | by Redy
SOSIALISASI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN KABUPATEN PAMEKASAN

Jumat, 20 Desember 2013 | by Redy
SOSIALISASI PENGADAAN TANAH BAGI PEMBANGUNAN UNTUK KEPENTINGAN UMUM

PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN MENERIMA HIBAH MOBIL OPERASIONAL PBB-P2 DARI BANK JATIM CABANG PAMEKASAN
Rabu, 07 Mei 2014 | by Redy
Sejak pengelolaan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) diserahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sejak awal 2014 lalu, pemkab bertekad mengoptimalkan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sector PBB-P2.

Rabu, 07 Mei 2014 | by Redy
BPK RI TANDATANGANI MOU AKSES ONLINE TRANSAKSI KAS PEMERINTAH KABUPATEN / KOTA SE-JAWA TIMUR

Sabtu, 26 April 2014 | by Redy
PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN ANTARA PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN DENGAN PERWAKILAN BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN PROVINSI JAWA TIMUR

Jumat, 07 Februari 2014 | by Redy
TALK SHOW “Pelaksanaan APBD 2014”

* * *

SMS Center Bupati

Pengunjung

63655
TodayToday24
YesterdayYesterday74
This_WeekThis_Week272
This_MonthThis_Month1855
All_DaysAll_Days63655